Inilah Fakta dan Mitos Malam Jumat, Nomor 6 "Ena-Ena"




Jebrettt.com, Gunung Kidul -  Tak sedikit orang mengungkapkan kalau malam jumat itu khususnya di Indonesia malam yang begitu spesial. Entah karena apa tetapi malam jumat menjadi hal yang berbeda. Kadang ada yang menyebutkan malam Jumat sebagai malam sunnah Rosul, dan sebagian lainnya melabeli malam ini sebagai malam yang seram.
Bisa jadi demikian, di bawah ini ada beberapa fakta dan mitos versi Jebrettt.com seputar malam jumat:

1. Nasi Qodiran
Tidak semua malam Jumat (atau Kliwon) identik dengan nuansa seram. Di Keraton Kanoman Cirebon, pada malam itu justru yang muncul nuansa kuliner. Biasanya kalau malam Jumat kliwon di internal keluarga keraton makan nasi Qodiran. Ya, nasi Qodiran merupakan salah satu makanan dalam keraton yang disajikan setiap satu bulan sekali yakni pada malam Jumat Kliwon. Penyajian pada malam Jumat Kliwon karena hari tersebut merupakan hari terbaik dari hari baik lainnya. Fakta.

2. Meninggal di Malam Jumat
Bagi umat muslim, malam jumat kliwon adalah hari yang baik atau biasa disebut juga malam yang diberkati, sama saja dengan malam malam jumat lainnya. Menurut kaum muslim, orang yang meninggal pada malam jumat kliwon atau malam jumat lainnya adalah pertanda bahwa orang itu adalah orang baik yang akan terbebas dari ancaman siksa kubur. Mitos atau Fakta?

3. Film
Sebuah film yang pernah ngetop, bertajuk Malam Jumat Kliwon. Ya, film ini adalah film horor Indonesia yang dirilis pada 1986. Film yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra ini dibintangi antara lain oleh Suzanna dan Alan Nuari. Kisahnya mengenai seorang wanita yang hamil tua karena disantet. Lalu cerita berganti kepada Ayu Trisnaningrat, seorang penulis novel misteri yang merasa sulit berkonsentrasi. Sejak dari situ, mungkin sebagian masyarakat Indonesia jadi ketakutan jika keluar rumah terlalu larut pada malam Jumat. Fakta.

Oleh kekasihnya, Anton, Ayu diajak bepergian ke suatu tempat hingga terjebak di rumah yang justru membuat Ayu dihantui hal misterius. Sepanjang film bakal siduguhkan pada sosok sundel bolong yang ternyata adalah arwah Minati, wanita yang tewas melahirkan karena disantet. Rupanya Ayu adalah anak dari Minati, wanita yang menjadi hantu di kemudian harinya.

4. Mistis dan Menyeramkan


Adanya mitos seram pada malam jumat membuat anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun ditanamkan akan hal mitos tersebut yaitu mitos malam jumat yang sebenarnya tidak benar. Malam jumat dianggap oleh banyak orang sebagai malam yang menyeramkan dan mistik. Hal tersebut telah menjadi hal yang turun temurun dari zaman nenek moyang hingga masyarakat saat ini. Entah kenapa hal itu bisa menjadi cerita turun temurun hingga sekarang, ditambah lagi acara-acara televisi yang seakan akan mendukung/mempengaruhi masyarakat bahwa malam jumat adalah malam yang seram. Belakangan, tayangan sinetron dengan tema mistis pun marak di televisi. Mitos atau fakta?


5. Amalan


Sebagian amal yang disunnahkan pada hari Jumat bagi umat muslim, bisa dikerjakan di malam Jumat. Inilah salah satu yang dimaksud amalan sunnah di malam Jumat: Membaca surat Al Kahfi merupakan amalan sunnah di malam Jumat. Bisa pula dikerjakan di siang hari Jumat. "Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga Baitul Atiq" (HR. Al-Hakim, Al-Baihaqi dan Ad-Darimi; shahih). Fakta.


6. Hubungan Suami Isteri



Entah siapa yang memulainya, kini suasana mistis dan seram malam jumat sudah mulai berkurang akibat sebagian masyarakat Indonesia mengkait-kaitan antara malam jumat dan hubungan intim suami isteri. Opini malam jumat yang awalnya seram, kini mendadak jadi menarik dperbincangkan. Banyak orang yang mengatakan bahwa Rosul mensunahkan suami istri untuk melakukan hubungan sex dan mendapatkan pahala sebesar membunuh tujuh (7) orang Yahudi. Bagi orang yang sudah menikah tidak akan menjadi masalah, tapi jangan sekali-kali muda mudi yang belum terikat pernikahan mencobanya. Bukannya dapat pahala malah diganjar dosa besar. Jadi malam jumat sebagai sunah Rosul untuk berhubungan intim mitos atau fakta?



Berbagai Sumber