Tukang Becak Tua Sakit di Pangkalan Simpan Uang Rp 48,9 Juta, Kok Bisa?




Jebrettt.com, Surabaya - Nasib malang menimpa Asnan (72) tukang becak yang mangkal di Jalan Teratai Tambaksari Surabaya. Pria tua itu ditemukan terkulai lemas di atas becaknya berwarna biru bertudung plastik putih.

Sehari-hari Asnan memang diketahui tinggal di atas becaknya, bersama tumpukan pakaian lusuh serta peralatan mandi seadanya.

Beberapa hari sebelum ditemukan sakit, Asnan terlihat tidur di atas becaknya mangkal di kawasan Jalan Teratai samping SDK Gabriel Tambaksari.

Sayangnya tak ada yang mengetahui Asnan sakit, hingga pada Rabu (21/3/2018) warga sekitar mengabarkan Asnan terlihat lemas.

Tri Wahyudi dan dua rekannya yang merupakan Anggota Karang Taruna Kelurahan Tambaksari menghampiri Asnan di becaknya yang terletak sekitar 100 meter dari pangkalan.
Asnan dietmukan dalam kondisi demam, badannya panas tinggi dan terlihat lemas.

Para pemuda ini kemudian mengabarkan ke kelurahan, satgas dan dilanjutkan kecamatan setempat untuk memberi pertolongan pertama. Mencari petunjuk identitas Asnan, petugas justru dibuat syok oleh keberadaan uang puluhan juta di jok becak milik Asnan.

"Kita coba cari identitas tapi menemukan uang di kresek dan wadah plastik. Belum tau berapa. Ada tas dan baju-baju," ujar Tri Wahyudi kepada TribunJatim.com saat ditemui di lokasi, kamis (22/3/2018).

Hingga kemudian, Tri mengubungi comand center 112 Pemkot Surabaya, dan ambulance Dinsos membawa Asnan ke RS Dr.Soetomo. "Sempat ga mau di bopong bilangnya bisa sendiri. Padahal kondisinya lemas," ujar Tri.

Lantaran panik dan kaget melihat uang pecahan lembar 100 hingga seribu rupiah berjumlah banyak, anggota Karang Taruna kemudian melapor ke kelurahan dan Kecamatan Tambaksari. Petugas kemudian menghitung uang tersebut, tak khayal ternyata uang milik tukang becak Asnan tersebut senilai Rp 48.970.000.

Uang tersebut kini disimpan pihak Kecamatan Tambaksari, mereka juga berharap menemukan keluarga korban lantaran hingga saat ini belum ditemukan identitas maupun alamat tukang becak tersebut.

Sedangkan Asnan masih dirawat di RS Dr Soetomo, pria tua tersebut didiagnosa menderita TBC.
Begini cerita Tri Wahyudi, anggota karang taruna tambaksari yang menemukan Asnan dalam kondisi sakit.