Kenapa Sih Koran dan Buku Lama Berubah Jadi Kuning? Nih Penjelasannya

Langsung dari ilmuwan nih.
Jebrettt.com, Semarang - Di rumah, Anda pasti punya koran lama atau buku-buku lama yang udah nggak dibaca. Selain penuh sama debu, biasanya warna kertasnya berubah jadi kuning. Udah nggak putih kayak saat masih baru. Kenapa yah kok bisa gitu? Apakah itu dipengaruhi sama debu yang nempel? Daripada nebak-nebak dan nggak berhadiah mendingan langsung cari tahu jawabannya dari ilmuwan yang emang ngerti aja lah yah.
Via Times of India
Kertas terbuat dari dua komponen utama yaitu selulosa dan lignin. Keduanya merupakan bagian dari batang pohon. Selulosa yang jadi penyusun dinding sel batang pohon dan lignin punya fungsi sebagai molekul yang menjaga biar batang tetep keras plus kuat. Nah, selulosa sebenernya warnanya nggak akan banyak berubah. Yang banyak berubah drastis adalah lignin. Saat kena oksigen secara terus menerus warnanya akan makin menguning.
Via Hermes Terulia Literaria
Nggak cuma itu aja, lignin yang teroksidasi bakal berubah jadi zat asam. Kalau udah begitu, zat asam bakal nyerap gelombang cahaya. Terus apa yang terjadi? Warna cahaya yang dipantulkan kertas bakal jadi lebih kuning.
Bisakah kita mencegah penguningan pada buku lama? Bisa kok. Jangan simpan buku lo di tempat yang lembab karena itu bisa menyebabkan oksidasi. Satu lagi nih, jangan terlalu sering megang kertasnya yah.
Header: Central Maine
Artikel Asli