Tegas! Anies Bakal Tindak Bimbel Pembocor Soal USBN



Anies Bakal Tindak Bimbel Pembocor Soal USBN Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menindak bimbel yang terbukti membocorkan soal atau jawaban USBN 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) 
Jebrettt.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bisa mencabut izin pendirian bimbingan belajar (bimbel) yang terbukti membocorkan soal atau jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018.
"Semua yang terbukti itu bisa ditindak. Jadi, semua pelanggaran jika kita mempunyai bukti bisa dan pasti kita lanjutkan. Apalagi yang seperti ini, ini merusak," cetusnya, saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (5/4).
Anies menekankan pentingnya konsep ujian yang terkomputerisasi seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ia gagas ketika masih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2014-2016).
"Karena dengan ujian berbasis komputer itu maka kompetensi masalah-masalah soal kebocoran itu bisa dihindari. Kalau sudah terjadi kebocoran, itu bisa dilaporkan dan kalau di Jakarta terjadi bisa kami tindak," kata Anies.
Dia pun mengimbau agar para guru tidak menyediakan bocoran dan murid percaya pada kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan ujian. Menurutnya, mengukur kualitas sekolah tidak bisa hanya sebatas berdasarkan rata-rata nilai UN muridnya.
"Karena itu, saya sebagai kepala daerah tidak akan menilai kepala sekolah berdasarkan angka-angka UN. Tidak akan. Angka UN tidak akan dipakai untuk menilai kinerja kepala sekolah," tandasnya.
Sebelumnya, Ombudsman Jakarta mendapati kebocoran soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Jakarta dan Bekasi. Fakta itu didapat berdasarkan pemantauan yang dilakukan Ombudsman dari 19 sampai 27 Maret lalu.
Pelaksana tugas Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Dominikus Dalu menyebut kebocoran soal ini terdapat di tempat-tempat bimbingan belajar (bimbel).
 "Ini memang kami dapatkan di tempat bimbingan belajar. Bisa jadi ini bagian dari upaya bimbingan belajar untuk menyusun soal-soal yang memang mirip dengan pelaksanaan soal ujian USBN-nya sendiri," kata Domi, sapaan Dominikus, di Gedung Ombudsman, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/4).
Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto menyatakan tahun ini di DKI Jakarta tidak ada isu kebocoran soal yang mencolok. Namun, dia tidak memungkiri adanya kebocoran soal dari pihak bimbel atau sekolah.
Bowo menyebutkan komposisi USBN tahun ini 20 persen berasal dari nasional. Sisanya merupakan soal yang dibuat oleh sekolah.
Artikel Asli